Minggu, 22 September 2013

Praktikum Farmasetika I

Hai, ini post pertama setelah sekian lama hiatus dari tulis menulis. Ini juga pertama kalinya bisa menulis dengan tenang tanpa bayang-bayang tugas (walaupun sebenarnya masih ada setumpuk yang menunggu di pojok sana dan kuis menanti, ehm).

Terus ini post tentang apa? Pengen cerita nih praktikum pertama di Farmasi. Praktikumnya kalo kata senior "Ah itu mah masih gampang dek." Gue gak tau harus iya-in apa enggak, tapi emang gak terlalu sulit ketika dijalanin.

Jadi, untuk minggu ini dikasih 6 soal. Salah satunya, "Timbang Saccharum lactis 5 gram lalu buat 10 bungkus". Tau caranya darimana? Tanya senior, atau cari di buku apaa gitu. Ada yang bilang buku IMO, ISO, apalah itu dan ada juga yang ngelantur bilang buku Martindale -_- oya, baru dibagiin nih buku yang...ah, sulit dideskripsikan....

ituu yang paling bawah Martindale namanya, 13,5cm loh tebelnya silakan dikira-kira ;)
Oke, lupakan buku-buku itu. Lanjut aja ya huhu :')
Nah trus cara-caranya ditulis di sebuah buku namanya jurnal kotor. Di situ cara yang kita tulis belum tentu 100% bener, baru secara kotornya aja gimana. Nah lalu ada pertemuan yang namanya responsi, di situ dipresentasiin cara benernya gimana, silakan tanya-tanya kalo ada yang belum ngerti soalnya kalo udah praktikum dilarang keras nanya ke manapun.

Nah kan abis itu udah tau nih gimana yang benernya, apa yang harus dibenerin/dikoreksi dari jurnal kotor. Semua yang udah bener itu ditulis lagi ke buku gede (macem buku akuntansi) namanya jurnal bersih. Di situ caranya udah harus bener, gak boleh ada coret-coretan lagi kayak di jurnal kotor.

Lucunya, gue baru ngerti, bener-bener ngerti apa yang harus gue lakukan ketika praktikum di H-1 praktikum. Ketika gue nyalin di jurnal bersih, baru gue dalami apa aja alat bahannya dan cara kerjanya. Dan akhirnya, baru ngeh -_-

Kemudian datanglah hari praktikum jrengjrengjreng! Ada bel tanda mulainya, berasa di MasterChef haha. Pas awal-awal sih megang barang-barangnya masih selow aja, tenang, pelan, hati-hati. Eh kalo udah 20 menit terakhir tiba-tiba ngerasa tangan gerak cepet, semua serba kira-kira. Apalagi betenya kalo lagi nimbang tuh gak pernah pas, selalu kekurangan atau kelebihan. Dan lucunya, saking paniknya ada yang barangnya kececer, jatuh, dan alhasil bikin berisik dan kita semua malah ketawa bukan bantuin dia hehe.

Tapi untungnya, praktikum pertama ini berhasil dengan baik. Walaupun meja praktikum gue berantakan banget, penuh tisu bertebaran di mana-mana (karna gue juga lagi flu, ing*s meler terus), dan jas lab yang putih bersih jadi berlumur balsem yang baunya wiiih dahsyat!

Anyway, ini hasil praktikum pertama~
*sebenernya ada 6, tapi yang 3 itu wadahnya pake alat di lab, jadi gak bisa dibawa pulang*









0 comments:

Poskan Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Text Widget

Follow

About me

Foto Saya
Viktoria Mardhika
Imperfect. Dreamer. Pharm.
Lihat profil lengkapku

What's Hot

You're The...

My Other Blog

Pages

Popular Posts

 

Template by BloggerCandy.com