Minggu, 01 Mei 2011

Seleksi AFS Tahap I

Kembali lagi, gue pengen berbagi pengalaman uohohhohoho. Kali ini pengalamannya seru... walau menjengkelkan juga sih.

Hari Minggu lalu, tanggal 1 Mei 2011, ada tes seleksi I AFS (American Field Service) yaitu program pertukaran pelajar yang dimediai (?) oleh Bina-AntarBudaya. Jadi belajar budaya negara lain gitu. Nah, seleksi ini dibagi jadi 3 tahap:

+ Pengetahuan Umum
+ B.Inggris
+ Essay B.Indonesia

Temen gue, Kanjenaudi Elisa, udah coba browsing tentang pengalaman anak-anak yang ikut AFS dan katanya tes pengetahuan umumnya itu susah banget. Pengetahuannya tuh yang bener-bener random dan bener-bener gak bisa ketebak -___-"

Oke, back to topic!


Karena itu, gue jadi gak belajar apapun. Nyante-nyante aja. Nggak buka RPUL atau peta dunia samasekali. Cuma bermodalkan nongkrongin Metro TV dan TVOne tiap malem. 

Jadi, tidak heran bila gue benar-benar terkejut melihat soal-soal tes I (pukul 09.00 – 11.00) yang Pengetahuan Umum...  Here are some questions I remember (nomornya gak urut ya) :


1.    Negara-negara yang berbatasan langsung dengan Somalia
Gue cengo... Astaga Tuhan... Apakah ini hukuman bagiku yang tidak pernah mendengarkan pelajaran Geografi? T^T

2.    Lirik: Sorak sorai bergembira / bergembira semua / sudah bebas negeri kita / Indonesia merdeka : adalah judul lagu?
3.    Penggagas sistem tanam paksa
4.    Asal kata “Grammy” dari Grammy Awards
5.    Umur TVRI sampai 1999
6.    Pelantun lagu “Baby”, yang terkenal karna videonya di Youtube dan konser di Indonesia
7.    Negara pengguna dollar selain di Amerika Serikat
8.    Lapisan atmosfer tempat terjadinya cuaca, iklim, dll
9.    Penyanyi Indonesia yang meninggal pada tanggal 20 April 2011, yang sempat duet dengan adiknya dulu
10.  Wartawan yang meninggal pada tanggal 14 April 2011
11.  “Kumite” adalah cabang dari olahraga?
12.  Asal pakaian ‘hanbok’
13. Perjanjian mengurangi bahan bakar (entahlah saya lupa), pokoknya jawabnya = Earth Summit    *soktau
14.  Orang-orang yang pernah mendapat Nobel Perdamaian
15.  Pernyataan yang salah tentang Kartini
16.  Pernyataan yang salah tentang Satelit Palapa
17.  Negara yang tidak berbatasan langsung dengan Amerika Serikat
18.  Yang merupakan proses seleksi alam
19.  Pernyataan yang benar tentang virus
20.  Guna vaksin BCG untuk penyakit?
21.  Yang bukan fungsi hati
22.  Titik tertinggi dan terendah à Gn. Everest dan Laut Mati
23.  Negara yang tidak dilalui garis khatulistiwa --> a) Indonesia b) Chile c) Kenya d) Brazil
       Hayo kira-kira apaaa??
24.  Kepanjangan dari AIDS
25.  ASEAN Summit tahun ini di mana?
26. Kata-kata dalam bahasa Indonesia berikut, yang bukan merupakan kata serapan dari bahasa Inggris
27.  Pernyataan yang benar tentang pemanasan global
28.  Yang merupakan kalimat dengan penggunaan imbuhan di- yang benar?
29.  Jumlah penghargaan yang diterima Alicia Keys
30.  Film-film yang tidak pernah mendapat award “Film Bioskop Terbaik”
31.  Fisikawan yang menemukan warna nila
32.  Tahun 2011, SEA Games keberapa?
33.  Otot bisep berkontraksi, adalah gerakan?
34.  Jumlah pemain, petak-petak, dan bidak dalam catur --> 2, 64, 32
35.  Luas juring
36.  Jumlah sisi, rusuk, dan titik dalam kubus
37.  Alat pembayaran sah sebagai transaksi dalam kegiatan jual beli sehari-hari adalah pengertian dari?
38.  Pengertian pendapatan per kapita
39.  Tokoh di Amerika yang mengatakan “We hold these truths to be self-evident: that all men are created equal”?
40.  Kapan Tembok Berlin dibangun?
41.  Kapan Hari Bumi/Earth Day?
42.  Penemu Benua Amerika yang namanya tidak dijadikan nama benua tsb
43.  Fenomena “supermoon” di mana berada di titik terdekat matahari
44.  Letak Bandara Selaparang
45.  Tulang-tulang yang tidak bisa digerakkan samasekali --> apakah sinatrosis, diartrosis, amfiartrosis, atau xxx (lupa -.-)
46.  Berikut nama yang pernah menjadi Sekjen PBB
47.  Jabatan Andi Malaranggeng sebelum jadi Menpora
48.  Berikut yang pernah menjadi Menteri Luar Negeri
49. Sastrawan Indonesia yang lahir di Bukittinggi dan menerima AFS Scholarship generasi pertama (1956)
50.  Letak Fukushima (gempa; reaksi nuklir) di Pulau?
51.  Fisikawan penemu warna nila

Wow.... Mantap kan? He-he-he. Puji Tuhan, gue berhasil menyelesaikannya walau ngaco total.

Sisanya, 49 soal lagi, gue lupaaaa -_- Udah stres duluan kali yaa liat soalnya.


* * * * *


Oke, lanjut ke tahap II pukul 12.00-14.30 yaitu Bahasa Inggris.

Tes Bahasa Inggris itu dibagi lagi jadi 3 section, yaitu Reading Comprehension, Grammar & Use of English, dan Vocabulary. Ditotal, semua ada 50 soal. Pas bagian Reading... 
Yah it’s okay lah. Walau gue males baca, tapi tetep nyenengin kok soal-soalnya. Nggak gampang, tapi gak susah juga. 

Naaah abis itu ke bagian Grammar & Use of English. Heeem oke, ini agak ribet. Gue rada-rada bingung, tapi puji Tuhan (lagi) gue bisa nyeleseinnya walau agak mepet-mepet gitu waktunya.
Bagian ketiga, yaitu Vocabulary. Ni contoh soalnya:

1.    A.... is used to cook.
       a) spatula   b) --- (lupa)    c) --- (lupa)    d) jack-hammer

2.    A fish child is named a...
        a) cub   b) kid   c) chick   d) minnow

3.    The pact has been in effect for twenty years.
       a) truth   b) treaty   c) trend   d) time

4.    It’s well-guarded secret that John detested horses.
       a) feared   b) avoided   c) hated   d) loved

5.    Monkeys occasionally menace their enemies.
       a) pursue   b) consume   c) threaten   d) kill

Sisanya gue inget apa yang ditanya, tapi kata-katanya nggak. Misalnya, apa persamaan dusk; conceal; seize?

* * * * *

Lanjut ke berikutnya, yaitu tes III—essay Bahasa Indonesia. Di sini gue dikasih 3 topik:

1.  Kalau aku menjadi Menteri Pendidikan Nasional, apa yang akan kulakukan untuk pendidikan di Indonesia?
2.  Apa 3 prinsip utama dalam hidupku, dan bagaimana prinsipku itu bisa membantuku mencapai cita-citaku?
3.  Kalau aku menjadi orangtuaku, apa yang ingin kukatakan pada diriku?

Berikan pendapat, argumentasi dan contoh dari topik tersebut, dalam karangan minimal 500 kata atau kira-kira 1½ halaman folio itu. Gue juga dikasih kertas coret-coretan, tapi kertas itu bakal dikumpul juga.

Gue pilih topik ke-2. Karena cuma itu yang nyangkut di otak gue. Gue gak ada bayangan apa yang harus gue lakuin kalo jadi Menteri Pendidikan, atau apa yang akan gue katakan kalo gue jadi orangtua gue. Alhasil, gue curcol sebanyak 1½ halaman folio itu. Wakakakakak, biarlah kakaknya pusing bacanya. Gue juga ngalor ngidul topiknya, OOT (out of topic) banget dah -_-

Dan kesalahan fatal : NO TITLE !!
Aaaaargh parahparahparahparah! Gue lupa ngasih judul. Sebenernya nggak lupa sih, waktu itu ada yang nanya:
Peserta : Kak, boleh pake judul?
Panitia : Oh, boleh aja.
Berarti nggak HARUS pake judul kan? Ah yaudah anggap aja iya lah ya.


* * * * *

Setelah tes yang memakan waktu kurang lebih 7,5 jam itu (beserta istirahat), akhirnya pukul 16.30 gue kelar tesnya, dan pukul 18.15 gue nyampe di rumaaaah! Home sweet home! #udahmulaigila



Saran gue, kalo kamu-kamu mau ikutan tes AFS:

a. Please please please BELAJAR! Baca koran setahun terakhir, cari-cari soal tahun lalu, reaktif sama berita masa kini, baca-baca RPUL, pelajari tentang negara-negara seputar negara tujuan!
b. Perbanyak vocab juga, jangan remehkan bahasa Inggris!
c. Latihan nulis yang bener—pake bahasa baku, juga susunan kalimat supaya nggak ribet dan malah terkesan nggak efektif.


Oke. Sekian yang bisa gue share. Goodluck!



PS: lanjutan ceritanya di sini (walaupun ga lolos juga tahap-tahap akhirnya tapi yah pengalaman :")

34 comments:

Anonim mengatakan...

hahaahaha... itu yg vocab no 2 kyknya fish deh bukan bird...

Anonim mengatakan...

kekeke,,
iya,,PUnya g terlalu sulit kok,,yg susah menurut au tuh English testnya --___--
ngasal di no. 35-50....huhuhuhu

Viktoria mengatakan...

@Anonim : eh iya maaf salah salah guenya -_-
yang bener "fish child" bukan "bird's child"
udah diedit, thanks yaaaa

@asmikhaerunnisa: sama, semuanya susah. English testnya paling ancur di vocab T^T

水野 愛 (Aya Pamungkas) mengatakan...

Jadi gimana? lolos ga?
(maaf nyasar. gue peserta dari Jogja)

Claudia Natalica mengatakan...

hey victoria :)

aku juga peserta seleksi afs. jadi gimana hasil kamu ?? lolos kah ?

GBU~

Viktoria mengatakan...

@哀 versus 愛 : belom tau T^T kan pengumuman tanggal 22 Mei.. duh bentar lagi *dagdigdug*

@Tic Toc Parfait : belom tau, duh tanggal 22 Mei nih.. semoga kita berhasil ya, GBU too~

@naudibataha mengatakan...

curiga jangan2 lu ngambil soal PU nya hem hemmm apal banyak banget lagian vik .___. ckckck

ayudinna mengatakan...

belajar banyak dari artikel ini, keren kak :))
makasih ya kak udah mau berbagi pengalaman, soalnya aku juga mau ikut program AFS yang katanya buka pendaftaran bulan maret 2013

Viktoria mengatakan...

Sip hehe... Semangat ya buat AFSnya :)

Mahdiah Luqyana mengatakan...

wow cerita seputar seleksinya mantep :)
*lumayan nih, buat belajar tes AFS tahun depan :)
arigatou gazaimasu ya kak! :)

Viktoria mengatakan...

@ Mahdiah Luqyana: hehe, kan berbagi. Selamat mencoba dan berjuang!!

Anonim mengatakan...

Aku pengen ikutan AFS 2013/2014. Tapi bingung gimana caranya. Itu kita perwakilan sekolah atau pribadi? Terus tesnya dimana ya? terus formulirnya dikirim ke mana?

Alison Qhirtuum mengatakan...

Kak, membantu banget nih, buat junior :D makasih yaa, artikelnyaa..

Viktoria mengatakan...

@anoninim : iya tesnya pribadi, ga harus perwakilan sekolah. Yang mau aja kok. Tesnya di kantornya gitu (kalo ga salah, aku juga lupa hehe), tergantung kamu daerah mana. Soalnya ada chapter Jakarta, chapter Bandung, chapter Surabaya, dll.
Kalo mau tau gimana daftar, ngasih formulir, seleksi dan lain-lainnya, kamu googling aja misalnya "Bina Antar Budaya chapter Jakarta" atau di mana kamu tinggal. Biasanya ada link ke webnya langsung, di situ penjelasannya cukup jelas kok :)
Semangat!!

Viktoria mengatakan...

@Nurul Istiqomah: Yup, sama-samaaa :)

v mengatakan...

Ka pengetahuan umumnya essai atau pilgan ????

Viktoria mengatakan...

@v: pilgan kok tenang aja :)

Anonim mengatakan...

ka kalo PU-nya kira2 berita tahun 2012 bakalan muncul ga ya?

Anonim mengatakan...

thanks kak infonya , aku ikut yang tahun ini dan ..... *hening*

Anonim mengatakan...

kak yang pengetahuan umum itu jawabannya ngisi sendiri apa pilihan ganda?

Viktoria mengatakan...

Hmm tergantung sih, kayaknya jarang kalo dari taun kemarin, kecuali kalo award-award gitu. Pokoknya unpredictable lah soalnya, random banget. Semangat! Pantengin tv, koran, dan berita-berita hangat terbaru

Viktoria mengatakan...

Sipsip sama-sama :) oya? Udah tes? Kok..........hening?
Gimana rasanya? Hehe

Viktoria mengatakan...

Pilihan ganda kok, tenang aja :)

aps mengatakan...

kak , testnya itu satu tahap keluar hsil atau semua nya harus kita laksanain dulu testnya baru keluar hasilnya?
Aku mau ikut yang tahun besok kak. oya, masalah surat" persyaratannya gimana?

Viktoria mengatakan...

Satu tahap keluar hasil, jadi kalo tahap I kamu berhasil kamu baru bisa lanjut ke tahap II.
Semangat!! Perbanyak pengetahuan umum mulai dari sekarang ya, itung-itung buat pengetahuan juga ;)
Surat-surat persyaratannya kenapa memang? Penuhi aja... Kamu kesulitan di mananya?

PS: Good luck! :)

Lia Mardianah mengatakan...

kaakk, makasih bgt infonyaa, jadi tau hheh

Viktoria mengatakan...

Sip-sip semangat yaaa. Good luck!

Viktoria mengatakan...

Wah kalo ini aku lupa, tapi kayaknya lumayan kok kalo dari tahap 1 ke tahap 2 (wawancara). Tapi kalo sampe seterusnya, kayaknya sih yang jalan kisaran belasan orang tapi itu udah campuran seluruh Indonesia... Jadi belom tentu satu provinsi bakalan ada gitu sampe akhir.

Tapi jangan minder, jangan patah semangat, oke?? Kalo udah jalannya pasti bisa kok! Fighting! :)

Unknown mengatakan...

waah merci beaqoup ya infonya really helpful,wish me luck kaaa(^3^)

Viktoria mengatakan...

yeay! you're welcome dear good luck! {}

Anonim mengatakan...

Makasih banget buat infonya. Aku ikut tahun ini. Tapi sayang aku baru tau afs baru2 ini, padahal tes pertama tgl 27 april nanti. Waktu belajar kurang dari sebulan :' yah mudah2an aku semangat belajar dan ngejar ketinggalan tentang berita2 1 tahun terakhir ini :')

Viktoria mengatakan...

waaa semangat semangat! gapapa jangan putus asa ok ok pasti bisaa :)

Fazirotul Firdaus mengatakan...

Kak, aku rencana mau join afs. Bismillah, wish me luck ya kak :)
Makasih udah share pengalamannya :)

Unknown mengatakan...

Terimakasih

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Text Widget

Follow

About me

What's Hot

You're The...

My Other Blog

Pages

Popular Posts

 

Template by BloggerCandy.com