Minggu, 30 Agustus 2009

Materi TIK II

SOFTWARE UNTUK MENGAKSES INTERNET

Software diperlukan untuk berhubungan dengan internet. Tanpa software yang sesuai, kita tidak bisa mengakses internet. Software-software tesebut terdapat dalam system operasi (OS) seperti Windows 95 / 98 / NT / 2000 / XP, Windows Me, dan Linux.
Software-software untuk mengakses internet :
A. Untuk melakukan browsing
B. Untuk membuat e-mail
C. Untuk melakukan chatting

Berikut ini adalah penjelasannya.



A. Untuk melakukan browsing
1. Internet Explorer
Internet Explorer (IE/MSIE), adalah sebuah penjelajah web dan perangkat lunak taj bebas yang gratis dari Microsoft.
Internet Explorer hingga kini masih merupakan penjelajah web yang paling banyak digunakan, meliputi 93.7% dari keseluruhan penggunaan penjelajah web, menurut sebuah perusahaan pengulas web, WebSideStory.

2. Google Chrome
Google Chrome adalah sebuah penjelajah web sumber terbuka yang dikembangkan oleh Google dengan menggunakan mesin rendering webkit. Proyek sumber terbukanya dinamakan Chromium.

3. Opera
Opera adalah penjelajah web dan paket perangkat lunak Internet antar-platform. Opera terdiri dari kumpulan perangkat lunak untuk Internet seperti penjelajah web, serta perangkat lunak untuk membaca dan mengirim surat elektronik. Opera dibuat oleh Opera Software yang bermarkas di Oslo, Norwegia. Opera dapat dijalankan di berbagai sistem operasi, termasuk Microsoft Windows, Mac OS X, Solaris, FreeBSD, dan Linux.

4. Mozilla Firefox
Mozilla Firefox adalah penjelajah web antar-platform gratis yang dikembangkan oleh Yayasan Mozilla dan ratusan sukarelawan. Versi 3.0 dirilis pada 17 Juni 2008. Melalui Firefox, Yayasan Mozilla betujuan untuk mengembangkan sebuah browser web yang kecil, cepat, simpel, dan sangat bisa dikembangkan.

B. Untuk melakukan chatting:
1. ICQ
2. mIRC
3. Skype
4. Yahoo Messenger
5. Windows live


C. Untuk mengirim E-mail:
1. Internet Mail / Outlook Express
2. Netscape Mail
3. G-mail


FASILITAS PADA INTERNET

Fasilitas pada internet yaitu:
1. BROWSING/SURFING
Adalah sebuah layanan pada internet yang berfungsi untuk menampilkan suatu situs/website guna mencari suatu informasi. Program yang digunakan untuk browsing/surfing adalah Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, Netscape Navigator.
Untuk melakukan browsing harus mengetik alamat website pada address. Misalnya : www.detik.com, www.plasa.com, www.yahoo.com

2. World Wide Web
WWW adalah layanan internet yang paling banyak dikenal orang dan paling cepat perkembangan teknologinya. Layanan ini menggunakan link hypertext yang disebut hyperlink untuk merujuk dan mengambil halaman-halaman web dari server. Halaman web dapat berisi suara, gambar, animasi, text, dan program perangkat lunak yang menyusunnya menjadi dokumen yang dinamis.

3. E-MAIL (Electronic Mail)
Adalah sebuah layanan untuk pengiriman surat elektronik. Untuk mengirim e-mail kita harus mempunyai e-mail (mailbox). Untuk membuat mailbox melalui website tertentu yang menyediakan layanan tersebut: yahoo.com, plasa.com, telkom.net, doramail.com, dll.

4. MAILING LIST
Sering disebut dengan milis, yaitu layanan internet sebagai pengembangan dari e-mail yang difungsikan untuk berdiskusi. Melalui milis kita dapat menyampaikan pengumuman seperti lomba pidato, olimpiade math, science, artikel menarik, dll.Setiap email yang dikirim akan disampaikan kepada seluruh anggota sehingga mendapatkan informasi.
Untuk mendapatkan layanan milis kita dapat memanfaatkan fasilitas yang disediakan oleh www.yahoogroups.com

5. INTER RELAY CHAT (CHATTING)
Adalah fasilitas yang diguna kan untuk melakukan perbincangan atau bercakap-cakap melalui internet menggunakan teks atau sering disebut dengan chatting.

6. FILE TRANSFER PROTOCOL (FTP)
Adalah fasilitas untuk mengirim suatu file yang disertakan melalui e-mail. File yang dikirim dapat berupa file naskah (word), gambar, animasi, musik dll.

7. NEWSGROUP
Adalah aplikasi internet yang berfungsi untuk berkomunikasi antara satu dgn yg lain guna membahas suatu topik dalam sebuah forum. Grup-grup akan menjadi sarana pertemuan jarak jauh secara elektronik. Contoh: diskusi tentang Indonesia: alt.culture.indonesia, tentang internet: alt.internet; tentang hobi : alt.filateli.rec.collection.stamps

8. TELECONFERENCE
Adalah fasilitas internet yang juga digunakan untuk berbincang-bincang dengan cara yang kompleks yaitu mulai dari suara hingga gambar, seolah-olah kita dapat langsung berhadapan dengan lawan bicara. Komputer yang digunakan untuk teleconfe-rence harus dilengkapi dengan web camera, sound card, tv tuner, VoIP.
Fasilitas ini sangat cocok untuk melakukan rapat atau pertemuan jarak jauh.



MENGHUBUNGKAN KOMPUTER KE INTERNET

Ada beberapa cara menghubung komputer ke internet, yaitu:
1. Melalui Jaringan
Untuk menghubungkan komputer dengan jaringan yang besar dapat digunakan jaringan yang lebih kecil yaitu LAN. Cara penghubung komputer dengan internet melalui jaringan biasa digunakan untuk melayani pemakaian dengan jumlah yang banyak. Contoh: warnet, kampus, sekolah, perusahaan negeri maupun swasta dan lain-lain. Sistem jaringan ini memiliki keuntungan bahwa biaya akses yang ditanggung akan lebih murah, karena biaya akses akan terbagi oleh banyaknya pemakai.

2. Melalui saluran telepon langsung
Sistem sambungan yang lain adalah dengan dial up langsung, di mana modem langsung dihubungkan dengan jaringan telpon yang menghubungkan dengan jaringan internet. Kelebihan akses ini adalah memiliki jaringan yang luas. Sedangkan kekurangannya adalah biaya akses yang relatif tinggi.

3. Melalui GPRS
GPRS (General Pocket Radio Service) merupakan gelombang radio sebagai penghubung komputer dengan jaringan internet. Dengan menggunakan gelombang radio sebagai penghubung komputer dengan jaringan internet.
Kelebihannya yaitu akses dapat dilaksanakan walupun alat komunikasi atau user bergerak. Dalam penghitungan biaya akses didasarkan banyaknya data yang diakses tanpa dibatasi lamanya waktu akses. Dan untuk dapat mengakses melalui GPRS hanya dilakukan komputer dan telepon seluler yang dilengkapi fasilitas GPRS.
Kekurangan dari GPRS adalah untuk mendapatkan koneksi internet, kita harus melalukan setting tertentu pada ponsel, padahal setiap merk handphone dan operator seluler memilki cara tersendiri untuk mengaktifkan GPRS.

4. Melalui WiFi (Wireless Fidelty)
WiFi adalah jaringan tanpa kabel yang mengunkan gelombang dengan frekuensi yang tinggi (2.4 GHz). Untuk menggunakan WiFi kita harus memiliki notebook dan PDA yang dilengkapi dengan kartu WiFi. Kelebihan WiFi adalah memliki kecepatan akses yang tinggi yaitu 11 Mbps. Sedangkan kekurangan dari WiFi adalah pemakaian harus berada pada daerah yang memiliki sinyal WiFi (Daerah Hot Spot).

5. Menggunakan TV Kabel
Kelebihan dari penggunaan jaringan TV kabel untuk akses internet adalah kita dapat melakukan akses internet setiap saat tanpa ada gangguan sepenuhnya jaringan telepon.
Syarat akses internet melalui TV kabel antara lain:
a. Berlangganan dengan penyedia layanan TV kabel yang memiliki layanan internet
b. Perangkat komputer standar yang dilengkapi dengan sistem operasi dan perangkat lunak lainnya yang mendukung akses internet.
c. Menggunakan modem khusus yang dirancang untuk TV kabel.

0 comments:

Poskan Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Text Widget

Follow

About me

Foto Saya
Viktoria Mardhika
Imperfect. Dreamer. Pharm.
Lihat profil lengkapku

What's Hot

You're The...

My Other Blog

Pages

Popular Posts

 

Template by BloggerCandy.com