Minggu, 30 Agustus 2009

Materi TIK I


Berikut ini akan dibahas tentang ukuran kecepatan akses Internet, fungsi Internet, dan jenis-jenis jaringan Internet..

UKURAN KECEPATAN AKSES INTERNET

1. Kecepatan Akses Internet Dial-up
Dial up adalah menghubungkan komputer kita ke internet menggunakan kabel telepon biasa. Dial-up Connection ini digunakan untuk mengakses Internet dari rumah. Komputer yang digunakan untuk dial-up adalah komputer tunggal (bukan jaringan komputer). Kecepatan akses internet menggunakan dial up maksimal 56 kbps.

2. Kecepatan Akses Internet ADSL
ADSL (Asymetric Digital Subscriber Line) bekerja pada frekuensi antara 34 kHz - 1104 kHz.
Keuntungan ADSL adalah memberikan kemampuan akses internet berkecepatan tinggi dan suara/fax secara simultan (di sisi pelanggan dengan menggunakan splitter untuk memisahkan saluran telepon dan saluran modem).
Bandwidth (disebut juga Data Transfer / Site Traffic) adalah data yang diupload+download ke account.
Bandwith maksimum dengan ADSL:
  • Untuk line rate 384 Kbps, bandwidth maksimum mendekati 337 Kbps, dengan throughput rata-rata (kecepatan download) sekitar 40 Kbps.
  • Untuk line rate 512 Kbps, bandwidth maksimum mendekati 450 Kbps, dengan throughput rata-rata (kecepatan download) sekitar 52 Kbps.
3. Kecepatan Akses Internet GPRS
GPRS (General Packet Radio Service) adalah komunikasi data dan suara yang dilakukan dengan menggunakan gelombang radio. GPRS dapat digunakan untuk mengkomunikasikan data dan suara ketika alat komunikasi bergerak (mobile). Kecepatan GPRS berkisar 56-115 Kbps.

4. Kecepatan Akses Internet 3G (third-generation technology)
  • Sebesar 144 Kbps untuk kondisi bergerak cepat (mobile).
  • Sebesar 384 Kbps untuk kondisi berjalan (pedestrian).
  • Sebesar 2 Mbps untuk kondisi statik di suatu tempat.
5. Kecepatan Akses Internet Wi-Fi
WiFi (Wireless Fidelity) adalah koneksi nirkabel yang menggunakan teknologi radio sehingga cepat dan aman. Wi-Fi digunakan untuk mengakses internet dan membuat jaringan tanpa kabel di perusahaan atau dimana pun yang bertanda HotSpot. Jangkauan WiFi terbatas 100 m.
Kelebihan Wi-Fi adalah praktis, tidak perlu repot memasang kabel network. Kecepatan WiFi tergantung sinyal yang diperoleh.

6. Kecepatan Akses Internet Wireless Broadband
Wireless Broadband memungkinkan akses internet broadband ke ponsel, komputer, notebook, dan PDA. Dari segi mobilitas, Wireless Broadband dinilai lebih efisien ketimbang WiFi. Jangkauannya mencapai 1 km dari stasiun pemancarnya, dengan kecepatan maksimal 50 Mbps.

7. Kecepatan Akses Internet LAN
Local Area Network (LAN) adalah jaringan komputer yang mencakup wilayah kecil. LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, dengan kecepatan 10, 100, atau 1000 Mbps atau teknologi 802.11b (Wi-fi).

8. Kecepatan Akses Internet TV Kabel
Jaringan TV kabel dapat dipakai untuk koneksi internet dengan kecepatan maksimum 27 Mbps downstream (kecepatan download) dan 2,5 Mbps upstream (kecepatan upload). Agar dapat menggunakan modem kabel, komputer harus dilengkapi dengan kartu ethernet.
Kelebihan akses internet TV kabel adalah dapat digunakan setiap saat dan bebas dari gangguan telepon sibuk.


FUNGSI INTERNET

Fungsi dasar sebuah internet adalah sarana komunikasi dan informasi, namun Internet bisa bermetamorfose menjadi sebuah media yang luar biasa kompleks. Kita tahu sendiri bahwa Internet mula-mulanya dipelopori oleh proyek ARPANET yaitu sebuah proyek jaringan komunikasi untuk militer Amerika Serikat. Dari info tersebut bisa kita menyimpulkan bahwa internet mulanya hanya berguna sebagai media jembatan info yang lebih bersifat rahasia dan mempunyai peranan dan fungsi yang saling terikat antar suatu kesatuan dalam hal ini mengacu pada proyek militer Amerika Serikat.

Kegunaan internet adalah sebagai berikut:
1) Sarana komunikasi, dalam bentuk: e-mail, dukungan pelanggan dengan WWW, video conferencing, Internet relay Chat, internet phone atau VoIP.

2) Sebagai media penyimpanan dokumen digital secara online seperti file catatan, foto, musik, atau film. Dari pada memenuhi hardisk komputer, dan sering terhapus apabila ada virus, maka sebaiknya menggunakan fasilitas online sebagai media penyimpanan seperti ziddu.com, bishat.com, box.net, 4shared.com, dll.

3) Peluang untuk mendapatkan penghasilan. Sebagai contoh, pendapatan dollar dapat diperoleh melalui program advertising dari google yaitu adsense, clixsense, paidsurvey, dll.

4) Transformasi bisnis, merupakan proses perubahan metode dari manual ke arah otomatisasi. Dulu, proses bisnis (jual-beli) selalu berkaitan antara kesepakatan penjual dan pembeli dalam satu waktu. Tapi sekarang internet-lah jembatan yang mampu menghalau aktifitas jual beli di seluruh penjuru dunia, dengan apa yang disebut e-commerce atau e-business, dan beberapa contoh metode bisnis internet lain.

5) Fungsi politik
Dengan adanya berbagai macam situs komersil pada sebuah partai atau lewat perantara jasa iklan situs-situs berita dan beberapa situs Social Networking (Facebook), pemilu kini lebih representif, menghalau berbagai macam tehnik kampanye yang dari dulu hanya berupa teknik face to face, iklan TV dan radio. Kini kita sendiri bisa lebih mengenal profil sosok calon pemimpin yang profilnya bisa dengan mudah kita akses, dan mempunyai sisi timbal balik (dua arah), yaitu dengan cara komentar dan diskusi via online.

6) Fungsi Resource Discovery
Navigasi untuk mencari file tertentu, dokumen, host, atau orang di antara jutaan host.

7) Tempat bermain game online.


JENIS JARINGAN INTERNET

Macam-macam jenis jaringan internet adalah:
1) Wireless
Wireless adalah koneksi suatu perangkat dengan perangkat lainnya. Contoh dari teknologi adalah Wireless LAN dan Wireless PAN.
Wireless LAN adalah suatu jaringan LAN (Local Area Network) yang terkoneksi dapat melalui sinyal radio atau gelombang cahaya. Sistem ini berguna apabila penyambungan lewat koneksi kabel atau serat optik cukup mahal atau untuk aplikasi koneksi bergerak.
Wireless PAN (Personal Area Network) adalah suatu jaringan komputer yang terhubung tanpa menggunakan media kabel. Teknologi yang digunakan pada wireless PAN ini adalah IrDA (Iternet Data Association) dan Bluetooth.

2) WiFi
WiFi (Wireless Fidelity) merupakan sebuah teknologi yang memungkinkan sejumlah komputer terhubung dalam sebuah jaringan tanpa kabel alias wireless LAN. Teknologi ini didasari spesifikasi IEEE 802.11. Awalnya Wi-Fi ditujukan untuk penggunaan perangkat nirkabel dan Jaringan Area Lokal (LAN), namun saat ini lebih banyak digunakan untuk mengakses internet. Hal ini memungkinan seseorang dengan komputer dengan kartu nirkabel (wireless card) atau personal digital assistant (PDA) untuk terhubung dengan internet dengan menggunakan titik akses (atau dikenal dengan hotspot) terdekat.

3) 3G
3G atau third generation adalah istilah yang digunakan untuk sistem komunikasi mobile. Sistem ini memberikan pelayanan yang lebih baik daripada yang sebelumnya, yaitu pelayanan suara,text dan data.
Jasa layanan yang diberikan oleh 3G ini adalah Jasa pelayanan Video, akses ke multimedia dan mobile Internet kecepatan tinggi.
Keuntungan utama adalah sistem ini adalah menawarkan pelayanan dengan kapabilitas high-end, yang mana termasuk peningkatan kapasitas, kualitas dan data rate juga dapat melakukan pemakaian serentak dari beberapa jasa pelayanan.
Sistem 3rd Generation juga menjembatani celah yang ada antara dunia wireless dan dunia komputer/internet.

4) Broadband
Broadband merupakan sebuah istilah dalam internet yang merupakan koneksi internet transmisi data kecepatan tinggi. Ada dua jenis jalur lebar yang umum, yaitu DSLdan kabel modem, yang mampu mentransfer 512 kbps atau lebih, kira-kira 9 kali lebih cepat dari modem yang menggunakan kabel telepon standar.

0 comments:

Poskan Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Text Widget

Follow

About me

Foto Saya
Viktoria Mardhika
Imperfect. Dreamer. Pharm.
Lihat profil lengkapku

What's Hot

You're The...

My Other Blog

Pages

Popular Posts

 

Template by BloggerCandy.com